Rabu, 09 November 2011

SNMPTN 2012... Coming Soon~

Postingan kali ini sedikit horor, menakutkan dan parahnya ditunggu oleh ribuan siswa sekolah se-indonesia. Yap, kali ini cacing bakal ngepost tentang seluk beluk SNMPTN supaya temen-temen tahu sedikit banyak tentang SNMPTN supaya ngga ragu dan salah pilih buat milih PTN yang tepat dan sesuai keinginan.

Apa sih PASSING GRADE itu?
Passing grade mungkin cuma sebatas nilai relatif pembanding kesulitannya. Bukan nilai minimum sih, tapi penghitungannya juga bisa disasarkan oleh nilai pembandingnya maupun jumlah peminatnya. begitu~

Masih kurang jelas cing, jelasin lagi dong...
passing grade bukan patokan. Dia hanya menilai tingkat relatifnya. Jangan dinilai sebagai standarisasi masuk sebuah PTN. Yang penting kira-kira kan sama lah peringkatannya… 

Kok tinggi banget sih cing? Tahun kemaren ngga separah ini banget kali
passing grade bukan nilai yanag harus dipenuhi. Passing grade itu cuma angka pembanding. dan itu relatif. Sekali lagi RELATIF. Itu bukan harga mutlak. Kira-kira emang rata-rata naik teman-teman.

Jadi ini belum pasti dong?
yap.. ini belum tentu, masa iya kita udah dapet bocoran yang ada di lembar soal snmptn besok. hahahaha tapi dari referensi ini kan kalian bisa lah mulai timbang-timbang, mana yang kira-kira bisa kalian masukin. sip lah semangat jelang SNMPTN..Rajin2lah belajar :) 

Bagusnya milih Jurusan apa ya cing?
Saran cacing, kita bagusnya milih jurusan yang persaingannya ngga terlalu ketat kalau memang mau diterima di PTN. Selain itu lihat Passing Grade nya, kita bisa ngukur susah-ngga nya peluang ngedapetin Jurusan yang diinginkan dengan ngeliat Passing grade nya.
Kita kan dikasih 2 pilihan buat milih Jurusan dan PTN favorit, menurut Mandeh, pilih salah satu jurusan yang kita inginkan dan satu lagi jurusan yang dirasa bisa kita dapetin. Jangan cari yang persaingannya tinggi sekali lagi kalau kamu bener-bener pengen kuliah. Dan kata Buk Juniar, kalau mau cepet dapet kerja, pilih program D3, karna kalau lulusan D3, sebuah perusahaan ngga akan ragu memperkerjakan kita karna kita cuman lulusan D3, rendah lah ya kasarnya, jadi perusahaan tersebut ngga mikir lagi ngasih kita gaji, dan otomatis yang murah. Dan kalau udah lulus D3, kita bisa ngelanjutin kuliah sambil kerja kok, itung-itung ngeringanin biaya orangtua :D

PTN Favorit di Indonesia apa aja sih cing?
10 Universitas Favorit Kelompok IPS :
1. UGM
2. UI
3. Unair
4. Universitas Sebelas Maret
5. Undip
6. UNY
7. Unpad
8. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
9. Universitas Andalas (Unand)
10. Universitas Negeri Padang (UNP)

Selain universitas favorit, SNMPTN 2010 juga memetakan program studi (prodi) favorit, yaitu:
Prodi Favorit untuk Kelompok IPS :
1. Hubungan internasional
2. Akuntansi
3. Komunikasi
4. Psikologi
5. Manajemen
6. Administrasi negara
7. Ekonomi.

Loh kok PTN favorit kaya' ITB ngga masuk kategori?
baca dulu kali coy, KHUSUS IPS, kalau di kawasan internasional juga ada, nih!
8. ITB
10. UGM
15. UI
16. Universitas Gunadharma
25. Universitas Kristen Petra
26. IPB
31. Universitas Sepuluh Nopember
36. Universitas Airlangga
49. Universitas Islam Indonesia
51. Universitas Negri Malang
53. Universitas Padjadjaran
59. Universitas Brawijaya
60. Universitas Sriwijaya
64. Universitas Pendidikan Indonesia
68. Universitas Muhammadiyah Malang
70. STMIK AMIKOM
71. USU
75. Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
78. Universitas Lampung
79. BINUS
83. Universitas Negri Semarang
87. Universitas Udayana
90. Universitas Muhammadiyah Surakarta
92. Universitas Negri Yogyakarta
99. Universitas Hasanuddin 



 Lulus ujian SNMPTN itu diliat dari mana sih?
jalur ujian tertulis/keterampilan adalah perebutan tempat. Setiap peserta harus mencapai batas nilai terendah yang ditetapkan di masing-masing program studi dan masing-masing perguruan tinggi.
misalnya di tahun 2011 lalu, Sebanyak 154.954 peserta SNMPTN atau 28 persen dari total peserta tidak lolos seleksi meski memperoleh nilai di atas rata-rata nasional. Ketua Panitia SNMPTN 2011, Herry Suhardiyanto mengatakan, hal itu terjadi karena para peserta cenderung hanya memilih satu program studi yang dinilai favorit dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi. Ada orang yang nilainya 90 tidak diterima, karena memilih program studi yang persaingannya ketat. Sementara di program studi yang keketatannya relatif rendah, nilai 40 bisa diterima
Sebanyak 154 ribu orang nilainya di atas rata-rata nasional. Tetapi tidak diterima dimana-mana

So…..?????… Siapkah anda menghadapi SNMPTN 2012 ???
Tahukah  anda bahwa SNMPTN itu seperti perang???
Sudahkan anda menyiapkan Strategi untuk menghadapi SNMPTN 2012???

 source: penulisjalanan dan snmptn @ Wordpress.com (termasuk pertanyaan dan jawaban dari komentar dan news di blog di atas)

 

0 comments:

Posting Komentar